GPU Baru Innosilicon 32GB GDDR6X Buatan China

Innosiliconbaru menyelenggarakan acara “Fantasy One GPU Product” dimana mereka mengenalkan keluarga Fantasy One GPU dan beberapa produk lain yang menarik.

Dimulai dengan GPU Innosilicon Fantasy One itu sendiri, yang didasarkan pada desain multi-chip (chiplet) dan kartu grafis dual-GPU unggulan berupa solusi dual-GPU “Tipe-B” baru menggunakan 2 x Fantasy One GPU dan terhubung menggunakan interface Innolinkyang baru diumumkan Innosilicon.

Dual-GPU Innosilicon memiliki kinerja komputasi hingga 10 TFLOP, dan dapat menangani 32 streaming 1080p 60FPS secara bersamaan, atau hingga 64 streaming pada 720p 30FPS. Dual-GPU beast mengemas memori GDDR6X 32GB, tetapi mereka sangat dibatasi oleh memory bus 128-bit pada masing-masing GPU Fantasy One. GPU ini sudah menggunakan PCI-E 4.0 X16

berikut ini adalah penampakan si Tipe-B yang Dual-GPU

Sedangkan berikut ini adalah yang “Tipe-A” yang biasa atau Single-GPU

Innosilicon memiliki “Tipe-A” yang merupakan kartu grafis konsumen/workstation, menggunakan satu GPU Fantasy One (masih multi-chip atau chiplet) dengan hingga 5 TFLOP kinerja komputasi presisi tunggal, hingga 16GB memori GDDR6X pada memory bus 128-bit kecil yang sama. Dilengkapi Dengan DisplayPort 1.4, HDMI 2.1 dan VGA port.

GDDR6X yang digunakan oleh Innosilicon pada kartu grafis Tipe-A dan Tipe-B barunya memiliki kecepatan 19Gbps, sesuatu yang perlu diperhatikan karena NVIDIA dan Micron telah menggunakan GDDR6X secara eksklusif hingga sekarang. Innosilicon dilaporkan telah menghabiskan banyak waktu dan penelitian dalam PAM4, dan mampu mendorong modul GDDR6X ke 19Gbp, tetapi Anda masih dibatasi oleh memory bus 128-bit yang kecil itu. Dari spec ini bisa jadi ditempatkan di antara RX 6700 XT dan RX 6600 XT

Innosilicon telah menggunakan banyak API paling populer yang didukung pada GPU Fantasy One, termasuk OpenGL, OpenGL ES, Open CL, Vulkan, dan DirectX. Dimasukkannya DirectX berarti bahwa ini dapat bekerja pada sistem operasi Microsoft Windows, tetapi belum ada konfirmasi dari Innosilicon atau Microsoft.

Perusahaan memang menggoda bahwa mereka sedang mengerjakan Fantasy Two dan Fantasy Three generasi berikutnya (atau Fantasy 2, dan Fantasy 3) untuk tahun depan pada teknologi proses 5nm yang baru.

Imagination dan Innosilicon mengumumkan kolaborasi pada Oktober tahun lalu. Imagination menegaskan bahwa mereka akan melisensikan desain BXT ke perusahaan China, yang menawarkan hingga 6 TFLOPS daya komputasi presisi tunggal. Angka-angka itu sedikit lebih tinggi dari GPU Fantasy-One.