ASUS Membuat Converter RAM DDR5 ke DDR4

Seperti yang di-Tweet oleh @9550pro, adaptor ROG DDR5 ke DDR4 baru tampaknya sedang dikembangkan oleh Asus. YouTuber Cina Bing membuat video yang membahas kartu konversi DDR5 baru ini dan cara kerjanya.

Menurut video, ini adalah kartu eksperimental DDR5 ke DDR4. YouTuber menjelaskan bahwa kartu tersebut berhasil mengubah slot DDR5 untuk mengkomunikasikan sinyal DDR4 ke CPU dan modul memori. Namun, karena ukuran kartu yang sangat besar, jejak yang menghubungkan modul DDR4 ke slot DIMM sangat panjang, yang dapat membuat menjalankan modul memori berkecepatan tinggi menjadi bermasalah.

Salah satu alasan faktor bentuk kartu yang tinggi adalah karena sistem pengiriman daya yang diperlukan untuk mengoperasikan modul DDR4. Karena pengiriman daya berubah ke DDR5, motherboard tidak lagi bertanggung jawab untuk menyaring dan mengirimkan daya bersih ke modul memori DDR5. Ini berarti kartu konversi juga perlu berfungsi sebagai sistem pengiriman daya untuk modul DDR4 yang tidak memiliki VRM bawaan.

Satu-satunya alasan kartu tersebut dapat bekerja di tempat pertama adalah berkat platform Intel Alder Lake yang mendukung DDR4 dan DDR5 secara native. Saat menggunakan kartu konversi, CPU akan mendeteksi modul DDR4 sebagai memori DDR4, artinya kartu tersebut tidak menipu motherboard dengan menganggap modul DDR4 adalah DDR5.

Dalam video tersebut, YouTuber mendemonstrasikan boot test, membuktikan bahwa kartu konverter berfungsi dan modul diidentifikasi dengan benar sebagai DDR4 di BIOS.

Kami tidak yakin kapan atau apakah kartu konverter ini akan muncul di pasar. Namun, banyak orang dapat memperoleh manfaat dari kartu tersebut, mengingat betapa mahal dan langkanya memori DDR5 saat ini.