Konektor PCIe 5.0 Akan Cocok Dengan Nvidia 30 Seri FE

Ketika Nvidia memperkenalkan konektor daya 12-pin miliknya dengan kartu grafis GeForce RTX 30-series Founders Edition tahun lalu, banyak yang menganggapnya berlebihan. Namun langkah tersebut mungkin cukup bijaksana karena konektor dan kabel tersebut kompatibel dengan koneksi daya 12+4-pin (12VHPWR) standar industri, sehingga board GeForce Founders Edition yang ada akan bekerja dengan baik dengan PSU generasi berikutnya.

Konektor daya 12-pin Nvidia (secara resmi dikenal sebagai baris ganda Molex MicroFit 3.0, 12 sirkuit) dirancang untuk mengirimkan hingga 600W ke kartu grafis menggunakan rel 12V dari PSU dan tampaknya jumlah daya yang sama diatur untuk dikirimkan oleh konektor daya PCIe 5.0 tambahan 12+4-pin (juga dikenal sebagai 12VHPWR).

Sementara 12VHPWR memiliki total 16 konektor, empat menggunakan satu set kontak terpisah yang saat ini membawa sinyal sideband yang memvalidasi bahwa kartu terhubung dengan benar dan menentukan daya awal maksimum yang dapat diperoleh kartu dari PSU tertentu melalui kabel tertentu, menurut dokumen yang diperoleh oleh Igor’s Lab (melalui VideoCardz). Ada satu kontak (dari empat kontak sideband) yang dicadangkan untuk penggunaan di masa mendatang, tidak jelas apakah kontak sideband itu wajib atau opsional. Sementara itu, konektor daya dan ground kabel daya 12VHPWR dan 12-pin Nvidia adalah sama.

Jadi apa artinya sebenarnya? Artinya Geforce RTX 30 Founders Edition akan bekerja dengan konektor PCIe Gen5, hanya karena konektor tersebut tidak memerlukan lebih dari 450W. Ini adalah batas yang ditentukan oleh sinyal S3 (SENSE0), jika tidak di-ground, PSU tidak akan memasok 600W tetapi hingga 450W. Dalam contoh ASUS Thor PSU dan klaim 600W untuk kabel 12-pin, ini berarti sinyal SENSE0 harus diarde secara internal.

Sementara itu, sinyal S1 (CARD_PWR_STABLE) dan S2 (CARD_CBL_PRES) adalah untuk memastikan bahwa kartu grafis terhubung dengan benar dan anggaran daya telah dinegosiasikan dengan benar. Sinyal keempat (S4) tidak ditentukan oleh spesifikasi PCI-SIG terbaru.

Konektor Gen5 memiliki rating hingga 9A pada 12V, yang berarti arus maksimum 648W. Namun spesifikasi resmi menentukan maksimum 600W. Ini berarti bahwa GPU generasi berikutnya mungkin berakhir dengan satu konektor alih-alih pengaturan triple 12-pin. Mudah-mudahan, generasi GPU AMD RDNA3/NVIDIA Lovelace tidak memerlukan sesuatu yang lebih Powerful.

Rumor sebelumnya telah menyarankan bahwa GPU andalan NVIDIA yang akan datang yang dikenal sebagai RTX 3090 Ti mungkin menjadi kartu pertama yang menggunakan konektor PCIe Gen5 baru ini. Sejauh ini hanya ada teaser dari EVGA yang menunjukkan model Kingpin baru yang jelas-jelas tidak memiliki pengaturan konektor 8-pin yang khas.