Rumor Terbaru Tentang AMD Zen 4 dan Intel Gen 13 Raptor Lake

Bisikan dari forum China telah mengungkapkan kemungkinan tanggal peluncuran untuk prosesor AMD dan Intel generasi berikutnya. Mengikuti roadmap kedua pembuat chip, 2022 akan menjadi tahun yang sangat sibuk. Dari Tim Merah, kami melihat CPU Ryzen 5000 XT dan Epyc Milan-X berbasis Zen 3D di paruh pertama, diikuti oleh Ryzen 6000 dan Epyc Genoa berbasis Zen 4 di paruh kedua tahun ini. Perusahaan juga akan meluncurkan arsitektur grafis berbasis chiplet pertama untuk gamer dalam bentuk dies Navi 31/33 berbasis RDNA 3.

Menurut sumber dari forum Chiphell, AMD akan meluncurkan “refresh” berbasis Zen 2 untuk pasar desktop, dengan nama kode Renoir-X. Tidak jelas bagaimana perbedaannya dengan SKU vanilla Renoir, tetapi ini terutama ditujukan untuk segmen anggaran, yang saat ini didominasi oleh Intel Core i3 ke-11 dan Core i5-11400F. Selanjutnya, iGPU dilaporkan akan dinonaktifkan secara keseluruhan. Spesifikasi utama kemungkinan akan sama dengan suku cadang Renoir asli, dengan peningkatan Boost Clock dan harga yang kompetitif.

Setelah ini, kita akan melihat sekilas prosesor konsumen Zen 3D (V-Cache) di CES 2022. Pembaruan pertengahan siklus ini dijadwalkan tiba pada akhir Februari atau awal Maret. Diikuti oleh Zen 3D, kami memiliki prosesor Ryzen 6000 berbasis Zen 4 pada akhir Juli/awal Agustus bersama dengan motherboard X670. Motherboard B650 akan tiba sebulan kemudian. CPU ini akan hadir dengan dukungan untuk memori PCIe Gen 5 dan DDR5. Memori DDR4 tidak akan didukung.

Di segmen server, kami melihat Milan-X pada kuartal pertama tahun 2022 (dengan hampir 1GB cache L3 yang ditumpuk), dan Genoa dengan hingga 96 core di 12 CCD di paruh kedua tahun ini.

Intel 13th Gen Raptor Lake and Sapphire Rapids-X

Di pihak Intel, kami memiliki prosesor Alder Lake-S entry-level dan low-end yang dijadwalkan untuk diluncurkan sekitar CES 2022, bersama dengan keluarga Alder Lake-P (mobile). Pembuat chip juga akan meluncurkan kartu grafis Arc “Alchemist” pada kuartal pertama tahun 2022. Ini akan ditindaklanjuti dengan peluncuran jajaran Sapphire Rapids-X (pada Juli/Agustus), platform HEDT pertama Intel dalam beberapa tahun. Menurut rumor, platform ini akan diganti namanya menjadi prosesor “Xeon Workstation”. Seperti Alder Lake, Sapphire Rapids-X juga akan mendukung memori DDR5 dan PCIe Gen 5.

Pada Agustus 2022, Intel akan mengungkapkan prosesor 13th Gen Raptor Lake-S untuk menangkis penawaran Zen 4 AMD. Chipset dan motherboard Z790 juga akan diluncurkan bersamaan. Kami kemungkinan akan melihat SKU K-series terlebih dahulu, diikuti oleh penawaran non-K setelah satu atau dua bulan. Menurut sumber tersebut, Alder Lake dan Raptor Lake akan saling kompatibel dengan chipset masing-masing (seri 600/700).