AMD Mengungkap Zen 4 CPU Dengan 96-128 Core 5nm di Tahun 2022

AMD CEO Lisa Su berbagi kabar Zen 4 di acara AMD Accelerated Data Center, dan tentang CPU Ber 96 Core Genoa model dan 128 Core Bergamo Chip, dan AMD mengungkap AMD EPYC Milan-X Chip dengan L3 cache sebesar 768mb dan AMD Instinct MI 250X Graphics. AMD menambahkan detail untuk 5nm TSMC akan di gunakan untuk Genoa dan Bergamo Chip dan memastikan memberikan performa dua kali dan lebih irit 1.25x dari versi 7nm milik AMD sebelumnya.

Gen ke-4 EPYC Prosesor yang akan menggunakan 5nm yang versi 96 Core rilis di tahun 2022 dan untuk versi 128 Core ada di tahun 2023. tambahan informasi untuk Bergano datang dengan jenis core baru “Zen 4c” core yang di optimiskan untuk kebutuhkan “khusu”, dengan begitu Zen 4 akan menggunakan 2 type core yang ada embel-embel “c” di belakangnya akan menggunakan variasi yang lebih kecil.

Ini Rencana perjalanan untuk Zen 4 CPU

  • Genoa : akan memiliki 96 high-performance “Zen 4” Core yang di terapkan di generasi selanjutnya seperti memory dan tekhnlogi DDR5 dan PCIe Gen 5 dan juga perangkat yang sangat sempurna di Zen 4 Core, memory dan Input Outpu untuk memberikan performa yang tiada tanding.
  • Bergamo : adalah high-core untuk compute engine atau biasa di gunakan untuk Server dan Aplikasi berbasis Cloud yang memang membutuhkan banyak permintaan core. Dengan menggunakan 128 Core berbasis high-performance Zen 4c. Bergamo juga sudah mendukung DDR5, PCIe 5, dan dukungan penuh untuk keamanan, dan socket nya sama dengan Genoa

AMD EPYC Genoa chip dengan up to 96 Core Zen 4 dan support DDR5 dan PCIe 5 dengan tampilan CXL 1.1 yang mengizinkan koneksi koherensi memori antar perangkat. Chip ini akan menggunakan HPC dan penggunaan lain seperti data center, enterprise, dan pekerjaan cloud, dan Lisa sendiri mengatakan akan menambah kedua per-core dan multi-threaded performance. Genoa hanya contoh untuk pengguna jaman sekarang dan akan rilis di tahun 2022 yang sebentar lagi datang.

Sedangkan Bergamo juga sudah menggunakan fabrikasi 5nm yang mengguanakan 128 Core di dalam satu chip. AMD membuat tipe baru “Zen 4c” dengan kata “c” mengartikan core ini di disain untuk perkerjaan berbasis Cloud. Zen 4c debut dengan bawaan 5nm EPYC Bergamo, yang sama socket dengan Genoa dan digunakan perintah yang sama untuk Zen 4 yang berarti kalian bisa menggunakan Bergamo di tempat model Genoa.

Kata “c” core yang lebih kecil dari Core pada umumnya yang akan debut di Genoa, dengan fungsi yang tidak di inginkan di buang untuk menambah kecepatan compute Density. bagaimanapun juga Chip ini memiliki Density-Optimized Cache tingkat atas untuk menambah perhitungan core nya, penggunaan pekerjaan Cloud membutuhkan kemampuan Thread Density yang tinggi. Ini juga berarti chip ini akan mempunyai cache yang lebih sedikit atau mungkin bisa di buang. AMD Tidak memberikan detailnya untuk saat ini.

Kita akan belajar lagi dalam waktu dekat tentang AMD karena waktu peluncurannya sebentar lagi, jadi tunggu saja.

credit: AMD
credit: AMD
credit: AMD
credit: AMD